Thursday, September 14, 2017

OBAT

Apa yang dimaksud dengan obat ?

oke kita mulai saja ya, obat sendiri secara pengertian nya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu pengertian obat secara umum, dan pengertian obat secara khusus. berikut penjelasan keduanya, check it out....


Pengertian Obat secara Umum
Obat adalah semua bahan tunggal atau campuran yang digunakan oleh semua makhluk untuk bagian dalam maupun bagian luar, guna mencegah, meringankan, maupun menyembuhkan penyakit (Syamsuni, 2005).

Pengertian Obat secara Khusus
Menurut syamsuni (2005) pengertian obat secara khusus yaitu :

1. Obat jadi
Obat jadi adalah obat dalam keadaan murni atau campuran dalam bentuk serbuk, tablet, pil, kapsul, suppositoria, cairan salep, atau bentuk lainnya.

2. Obat paten
Obat paten adalah obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama pembuat yang dikuasakan dan dijual dalam bungkus asli dari pabrik yang memproduksinya.

3. Obat baru
Obat baru adalah obat yang terdiri atas atau berisi zat yang berkhasiat ataupun tidak berkhasiat, misalnya lapisan, pengisi, pelarut, pembantu atau komponen lain yang belum dikenal sehingga tidak diketahui khasiat dan kegunaannya.

4. Obat asli
Obat asli adalah obat yang didapat langsung dari bahan-bahan alami insonesia, terolah secara sederhana atas dasar pengalaman dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

5. Obat tradisional
Obat tradisional adalah obat yang didapat dari bahan alam (mineral, tumbuhan atau hewan), terolah secara sederhana atas dasar pengalaman dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

6. Obat esensial
Obat esensial adalah obat yang paling dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat terbanyak dan tercantum dalam Daftar Obat Esensial (DOEN) yang ditetapkan Mentri Kesehatan RI.

7. Obat generik
Obat generik adalah obat dengan nama resmi yang ditetapkan dalam Farmakope Indonesia (FI) untuk zat berkhasiat yang terkandungnya.

okee sekian dulu ya, mohon kritik dan saran apabila terdapat kekliruan dalam pemahaman, trima kasih salam pharacy.


Daftar Pustaka
Syamsuni. 2005. Ilmu Resep. Jakarta. Buku kedokteran EGC.

1 comment:

  1. Mr. Pai Gow Poker Tournament & FAQ - Dr.MD
    Mr. Pai Gow Poker Tournament & 서울특별 출장샵 FAQ. There 파주 출장안마 are no tables at this site. If you're having 밀양 출장마사지 trouble playing with your game, 광명 출장안마 please visit our website. 울산광역 출장마사지

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com